Selasa, 03 Oktober 2017

Perbaikan Kemampuan Pronounciation Mahasiswa Bahasa Inggris Dengan Metode Turutan

Sujono, Anita Budi Rahayu, Triana Wuri Cahyanti


Abstrak. Mahasiswa Bahasa Inggris STKIP PGRI Nganjuk mempunyai beberapa kesulitan dalam mengucapkan fonem-fonem Bahasa Inggris. Banyak diantara mereka ketika mengucapkan fonem /p, t, k/ yang seharusnya diucapkan dengan aspiratif diucapkan dengan tanpa aspiratif. Pada kasus yang lain, mereka juga sulit mengucapkan fonem /ʃ, Ɵ, Ʒ, dƷ/ dengan benar. Pada aspek  fonem vokal diantara  sekian banyak kesalahan adalah  /ǝʊ/ diucapkan seperti vokal Bahasa Indonesia./o/. Kenyataan-kenyataan diatas telah menginspirasi untuk dilakukan penelitian ini. Dalam  jangka panjang penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara bahasa  Inggris dengan  target  khusus  meningkatkan  kemampuan  pronunciation  fonem  vokal  dan  konsonan.  Pola  pelafalan huruf hijaiyah yang biasa dipakai pada metode turutan diterapkan pada perbaikan pengucapan fonem vokal dan konsonan  bahasa  Inggris.  Pada  pelaksanaan  penelitian  ini  ada  beberapa  penyesuaian  terhadap  pola  yang dipakai,  terutama  pada  perbaikan  pelafalan  vokal  bahasa  Inggris.  Hal  ini  dikarenakan  bahasa  Arab  hanya mengenal 3 vokal (a, i, u) sedangkan bahasa Inggris mempunyai 20 vokal.  Untuk memperbaiki kemampuan pronunciation fonem vokal dan konsonan bahasa Inggris, peneliti mengadakan penelitian  berjenis  penelitian  tindakan  kelas.  Dalam  penelitian  ini  ada  beberapa  siklus  yang  dilaksanakan sehingga  temuan  yang  ditargetkan  tercapai. Penelitian  ini  diawali  dengan  tahap  perencanaan  dan  dilanjutkan dengan tahap tindakan, observasi dan ditutup dengan tahap refleksi. Untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam pronunciation yang sebenarnya, data diambil dari rekaman tugas membaca teks. data tersebut kemudian dijadikan dasar untuk pelaksanaan siklus. Untuk melihat peningkatkan kemampuan pronunciation setelah siklus mahasiswa  diuji  dengan  membaca  teks  minimal  pair.  Data  rekaman  jawaban  yang  diperoleh  kemudian dikoreksi  dan  dianalisa  berdasar  teori  dan  contoh  bunyi  yang  ada  pada  buku  tree  or  three  dan  sheep  or  ship karangan  Ann  Baker.  Nilai  yang  sudah  dikumpulkan  kemudian  dihitung  dengan  rumus  deskriptif  statistik sederhana. Siklus berakhir apabila 85% mahasiswa mampu mengucapkan  seluruh  fonem konsonan dan vokal bahasa Inggris dengan benar. Setelah  pelaksanaan  siklus  1  dan  2,  lebih  dari  85%  mahasiswa  mampu  mengucapkan  fonem  vokal  dan konsonan bahasa  Inggris dengan benar. Terdapat kenaikan antara 4  sampai 13 mahasiswa dalam pengucapan fonem vokal di banding data preliminary study. Sedangkan untuk kemampuan pengucapan konsonan  terdapat penambahan 4-12 orang mahasiswa. 
Key Word :     pronunciation, vowel, konsonan, turutan 



Share This

0 komentar: