Selasa, 25 Juli 2017

PROFIL PENALARAN SISWA DENGAN GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT-INDEPENDENT DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI ALJABAR

Sherly Mayfana Panglipur Yekti

Abstrak: Proses berpikir dalam pemecahan masalah aljabar membutuhkan perhatian
dari  guru  agar  dapat  membantu  siswa  mengembangkan  penalaran  matematisnya.
Penalaran  matematis  siswa  dalam  pemecahan  masalah  aljabar  dapat  dilihat  dari
beberapa  dimensi,  salah  satunya  adalah  gaya  kognitif.  Penelitian  ini  bertujuan
mendeskripsikan  penalaran  matematis  siswa  kelas  VII  dengan  gaya  kognitif  Field
Dependent  dan  Field  Independent  dalam  pemecahan  masalah  matematika  materi
aljabar.
Jenis  penelitan  ini  adalah  kualitatif  dengan  desain  studi  kasus.  Gaya  kognitif  dari
siswa  kelas  VII  akan  ditentukan  menggunakan  tes  gaya  kognitif  Group  Embedded
Figures Test  (GEFT). Selanjutnya  pada masing-masing  gaya  kognitif  diambil  siswa
dengan  skor  tinggi,  sedang,  dan  rendah  sebagai  subjek  penelitian.  Subjek  pada
penelitian  ini  dipilih menggunakan  teknik  purposive  sampling.  Instrumen  penelitian
ini  yaitu  peneliti  sebagai  instrumen  utama,  tes  tertulis  dan  pedoman  wawancara
sebagai  instrumen  bantu.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  wawancara
berbasis  tugas.  Validitas  data  yang  digunakan  yaitu  triangulasi  waktu,  dimana
kredibilitas  data  diperiksa  dengan  memberikan  tugas  pada  waktu  yang  berbeda.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara:  (1) mengelompokkan data dalam empat
langkah  pemecahan masalah  Polya,  (2) menyajikan  data  dalam  bentuk  teks  naratif,
dan (3)  menyimpulkan penalaran matematis siswa pada tiap-tiap  langkah pemecahan
masalah Polya.
Kata kunci : penalaran, masalah matematika, field dependent-independent

<iframe src="https://drive.google.com/file/d/0B4MEJonWfWi-NE9IX3VBMUlsa2c/preview" width="640" height="480"></iframe>

Share This

0 komentar: