Selasa, 25 Juli 2017

PROFIL KESALAHAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI NGANJUK DALAM MENYELESAIKAN SOAL TEORI GRAF DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER

Erdyna Dwi Etika

ABSTRAK
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  :  (1)  Untuk  menemukan  kesalahan  mahasiswa  Prodi
Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk dalam menyelesaikan soal  teori graf ditinjau
dari  perbedaan  gender,  (2)  Untuk  mengetahui  penyebab  kesalahan  mahasiswa  Prodi
Pendidikan Matematika STKIP PGRI Nganjuk dalam menyelesaikan soal  teori graf ditinjau
dari perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini  diambil  dengan  menggunakan  purpossive  sampling.  Subjek  penelitian  dipilih  dari
mahasiswa  semester  VI  Prodi  Matematika  STKIP  PGRI  Nganjuk.  Pengumpulan  data
dilakukan  oleh  peneliti  sendiri  sebagai  instrumen  utama  dan  instrumen  bantu  berupa  soal
teori  graf  dan  pedoman wawancara. Hasil  penelitian  :  (1)  kesalahan  yang  ditemukan  pada
mahasiswa  Prodi  Matematika  STKIP  PGRI  Nganjuk:  (a)  mahasiswa  perempuan  dengan
kognitif  tinggi melakukan kesalahan operasi mahasiswa perempuan dengan kognitif  rendah
melakukan  kesalahan  konsep  dan  prinsip;  (b)  mahasiswa  laki-laki  dengan  kognitif  tinggi
melakukan  kesalahan  konsep  dan  operasi,dan mahasiswa  laki-laki  dengan  kognitif  rendah
melakukan  kesalahan  konsep  dan  prinsip.  (2)  Penyebab  kesalahan  pada  mahasiswa  Prodi
Matematika  STKIP  PGRI  Nganjuk  perempuan  dan  laki-laki  dengan  kognitif  tinggi  dan
sedang adalah kurang memahami secara menyeluruh definisi dan  teorema-teorema yang ada
dalam teori graf dan tidak mampu mengaplikasikan teorema ke dalam soal.

Kata kunci: Kesalahan, Teori Graf, Gender



Share This

0 komentar: